Rabu, 26 Mei 2010

Proposisi

1. Menentukan kalimat proposisi atau bukan kalimat proposisi.
a. Proposisi
Karena kalimat tersebut dapat dibuktikan kebenarannya.
b. Bukan proposisi
Karena kalimat tersebut menggambarkan sebuah keinginan seseorang.
c. Proposisi
Karena kalimat tersebut dapat dibuktikan kebenarannya.
d. Bukan proposisi
Karena kalimat tersebut menunjukkan kalimat perintah.
e. Proposisi
Karena kalimat itu merupakan kalimat yang dapat dibuktikan kebenaranya.
f. Bukan proposisi
Karena kalimat tersebut merupakan kalimat pengharapan.
g. Bukan proposisi
Karena kalimat tersebut merupakan mengandung kalimat tanya.
h. Bukan proposisi
Karena kalimat tersebut merupakan kalimat yang menyatakan suatu perintah.
i. Proposisi
Karena kalimat tersebut menyatakan suatu pendapat.
j. Bukan proposisi
Karena kalimat tersebut berupa kalimat ajakan.
k. Proposisi
Karena kalimat tersebut berisikan fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya.
l. Bukan proposisi
Karena kalimat tersebut merupakan kalimat pengharapan.

2. Menentukan proposisi yang mengandung inferensi atau implikasi.
a. implikasi
b. inferensi
c. inferensi
d. implikasi
e. implikasi
f. implikasi

Rabu, 05 Mei 2010

Ogopogo

 
Kisah tentang Monster Danau Loch Ness,Skotlandia yang akrab dipanggil "Nessie" oleh beberapa penduduk setempat.
Ternyata, tidak hanya Danau Loch saja yang menyimpan sebuah misteri suatu kehidupan monster danau yang masih diliputi misteri, ternyata kisah serupa juga ada pada sebuah danau di Canada yang dinamakan Danau Okanagan.
Masyarakat mengenal Monster ini dengan sebutan Ogopogo. Kisah misteri Ogopogo telah ada sejak tahun 1850,dimana pada awal tahun itu untuk pertamakalinya Ogopogo menampakkan dirinya kepada para wisatawan dan penduduk setempat.
Para saksi mata yang melihatnya menuturkan bahwa suatu makhluk dengan perawakan yang besar, berwarna gelap dan memiliki bentuk tubuh yang panjang telah muncul kepermukaan air dan berenang menyusuri tengah danau.
Kejadian itu berlangusung dalam waktu yang cukup lama, sehingga mereka dapat lebih leluasa untuk mengamati dan mengidentifikasi makhluk tersebut.
Menurut mereka,makhluk tersebut bukannlah seekor ular,walaupun sedikit memiliki kesamaan bentuk pada tubuh-nya.Seekor ular tidak ada yang memiliki ukuran tubuh sebesar dan sepanjang makhluk ini.
Namun, pendapat orang-orang yang menganggap makhluk tersebut hanyalah seekor ular ahirnya tumbang juga ketika pada pertengahan tahun 1957, untuk kali pertamanya sosok Ogopogo berhasil diabadikan dengan menggunakan kamera film 16 mm oleh salah seorang wisatawan.
Berikut laporan mengenai penampakan Ogopogo yang berhasil disaksikan oleh beberapa orang terhitung sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 1850 sampai tahun 1990.
Pada tahun 1872 Ogopogo muncul untuk kali kedua-nya pada tahun ini,dua orang wisatawan Amerika Mr dan Mrs.Allison adalah orang yang melaporkan kemunculannya.
Pada Tahun 1926 Serombongan wisatawan dari suatu sekolah mengklaim kembali melihat kemunculan Ogopogo.
Pada tahun 1947 Ogopogo kembali menampakkan dirinya,namun kemunculannya pada tahun ini sangatlah mengagumkan karena ia bergerak mendekati sisi danau dengan menunjukkan cara berenang seperti mengombakkan tubuh-tubuhnya,namun tidak sampai beberapa saat kemudian makhluk tersebut kembali masuk kedasar danau.
Pada tahun 1957 Untuk pertamakalinya sosok Ogopogo berhasil diabadikan dengan kamera film 16mm oleh Geoffrey Tozer
Di tahun 1959 Kemabali Ogopogo muncul dan sempat diabadikan oleh keluarga R.h. Miller.
Pada tahun 1964  Ogopogo dilaporkan kemunculannya oleh Mr & Mrs Pat Marten,mereka memperkirakan hewan tersebut mempunyai panjang tubuh 20 meter lebih. dan selanjutnya hingga pada tahun 1987-1990 - Secara berturut-turut dalam periode tahun tsb,John Kirk (salah seorang peneliti Ogopogo) berhasil mengambil gambar sosoknya,bahkan untuk yang pertamakalinya sosok Ogopogo berhasil diabadikan dengan Video recorder.
Sampai sekarangpun Ogopogo masih sering disaksikan muncul kepermukaan Danau disetiap tahunnya.

Sepuluh Kepribadian Orang Sukses

Sepuluh Kepribadian Orang Sukses

Kesuksesan merupakan pencapaian impian melalui sebuah proses sikap yang terstruktur dan terencana. Sepuluh sikap itu adalah sebagai berikut:

 Keberanian untuk berinisiatif.
Kekuatan yang sebenarnya tidak lagi menjadi rahasia atas kesuksesan orang-orang terknenal yaitu mereka selalu punya ide-ide cemerlang! Dan inisiatif adalah kekayaan semua orang, tinggal orang itu mau atau tidak untuk berinisiatif mengemukakan ide-idenya.
 Tepat waktu.
Sebuah hal yang pasti untuk semua orang di dunia ini tanpa terkecuali adalah bahwa kita memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. Seorang yang tepat waktu adalah seorang yang memiliki kemampuan mengatur segala sesuatu .
 Senang melayani dan memberi.
Sengan orang lain yang dapat melihat seseorang senang melayani dan member maka orang lain akan senang berteman dan bersahabat. Dengan memiliki teman dan sahabat yang banyak maka seseorang dapat dikatakan sukses dalam bergaul.
 Membuka diri terlebih dahulu.
Rasa percaya dan kebesaran hati untuk membuka diri terhadap lawan bicara merupakan cermin bahwa kita nyaman dengan diri sendiri, lantas tidak ada yang perlu ditutupi, itulah yang dicari oleh para partner sejati dan sebagian besar dari kita akan setuju bahwa tidak banyak orang yang mau bekerja sama dengan orang yang misterius, betul kan?
 Senang bekerja sama dan membina hubungan baik.
Kemampuan bekerja sama dalam tim adalah salah satu kunci keberhasilan utama.
 Senang mempelajari hal-hal baru.
Senang mempelajari hal-hal baru merupakan salah satu cara untuk memperkaya ilmu, teman dan pengalaman, hal tersebutlah yang dapat dijadikan modal kesuksesan.
 Jarang mengeluh dan bersikap profesioanl
Setiap kali seseorang merasakan kegagalan sebenarnya itu adalah kesempatan bagi diri kita untuk belajar dan belajar untuk lebih baik lagi. Maka dari itu janganlah sebuah kegagalan disesali atu bahkan dikeluhkan, Bershukrlah karena masih diberikan kesempatan untuk belajar mengatasi kegagalan itu sendiri sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari.
 Berani menanggung resiko.
Jelas segala apapun yang dilakukan pasti ada sebuah resiko yang harus ditanggung maka apapun itu ada baiknya tetap dijalani atau tidak sama sekali mendapatkan apa – apa karena Anda takut mengambil resiko
 Berpikir positif
Berfikirlah positif, seolah-olah itu yang akan terjadi karena itu dapat menjadi sebuah dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik serta kesuksesan yang akan mengikutinya.
 Comfortable in their own skin
Kenyamanan menjadi diri sendiri tidak perlu ditutup-tutupi supaya lawan bicara tidak tersinggung karena setiap orang mempunyai tempat tersendiri di dunia yang tidak bisa digantikan oleh orang lain. Saya adalah saya, mereka adalah mereka. Dengan menjadi diri saya sendiri, saya tidak akan mengusik keberadaan mereka.


Kopi Coklat


Kopi Coklat

           
Buat yang suka minum kopi atau coklat hangat, sekali-kali boleh donk berkreasi, berikt salah satu resepnya :

Bahan-bahan  :
  • Kopi siap saji apa saja 1 bungkus.
  • Coklat masak pekat 50 gram, tim hingga meleleh.
  • Gula pasir 1 sendok makan atau sesuai selera.
  • susu cair 250 ml
Cara membuat:
  1. Lelehkan coklat lalu bentuk bulat untuk menutupi cangkir saji.
  2. Panaskan susu cair diatas api sedang.
  3. Campurkan kopi, gula, dan susu, aduk rata.
  4. Tutup dengan coklat yang telah dicetak tadi.
  5. Tunggu sesaat hingga beraroma.
  6. Lalu sajikan, kopi beraroma coklat tersebut.

Sekilas beberapa bahasa pemrograman

Sekilas beberapa bahasa pemrograman


Pascal
Bahasa Pemrograman Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland. Yang dinamai pascal sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal. Pascal yang pertama untuk Komputer CDC 600 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahu 1971 dengan tujuan membantu mengajar program Komputer secara sistematis khususnya untuk memperkenalkan program terstruktur .

COBOL
COBOL adalah singkatan dari Common Business Oriented Language, COBOL diciptakan oleh sekelompok pabrikan komputer dan pengguna komputer untuk industri pada tahun 1959. COBOL didesain untuk aplikasi-aplikasi komersil yang membutuhkan banyak pemrosesan data. Bahasa ini masih digunakan sampai saat ini di bidang bisnis.

FORTRAN
FORTRAN adalah singkatan dari FORmula TRANslator dan dikembangkan oleh IBM Inc. antara tahun 1954 dan 1957 yang digunakan secara khusus untuk aplikasi-aplikasi sains dan engineering. Bahasa FORTRAN masih digunakan secara luas saat ini di bidang engineering.

C
Bahasa C dikembangkan oleh Dennis Richie di Laboratorium Bell pada tahun 1972. C merupakan bahasa implementasi sistem yang digunakan untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. C++ merupakan ekstensi atau kelanjutan dari bahasa C yang diciptakan oleh Bjarne Stroustruppada tahun 1980an. C++ menambahkan fitur OOP (Object-Oriented Programming) atau pemrograman berorientasi objek ke dalam bahasa C dan sekarang merupakan sistem utama bahasa implementasi (Deitel&Deitel, 1999).

C++
Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman computer yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.Pada era visual saat ini, versi dari C dan C++ muncul pula dengan nama Visual C atau Visual C++, C Builder, bahkan telah ada versi baru dari C yaitu C# (C Sharp).


Visual basic
Visual Basic adalah merupakan bahasa yang berasal dari perkembangan bahasa BASIC di Dartmounth College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960-an. Sejak semula BASIC memang dirancang untuk mudah dipejari. Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang menawarkan IDE visual untuk membuat programan aplikasi berbasis sistem operasi windows. Dan Visual Basic juga memungkinkan pembuatan aplikasi GUI (Graphical User Interface) yang menggunakan tampilan grafis sebagai alat komunikasi dengan user hanya dengan meletakkan objek grafis yang telah disediakan.

JAVA
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. JAVA merupakan bahasa yang kemunculannya tergolong baru dan merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak diminati, dikembangkan oleh SUN Microsystem pada tahun 1995.


Beberapa Istilah dalam Jaringan


Beberapa Istilah dalam Jaringan

Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yangterhubung satu dengan yang lainnya. Perangkat yang dapat dihubungkan tidakterbatas pada komputer saja, melainkan termasuk printer dan perangkatperangkatkeras lainnya. Sebagai perhubung dapat digunakan kabel atau media lain yang tidak menggunakan kabel, misalnyagelombang radio dan sinar inframerah.
Beberapa istilah dalam jaringan yang akan kita bahasa adalah :

Server
Server adalah sebuah komputer yang menyediakan file, sumberdaya atau layanan tertentu yang diperlukan dalam sebuah jaringan. Biasanya komputer yang dipakai sebagai server memiliki spesifikasi perangkat keras khusus dan lebih tinggi dari komputer – komputer lain yang ada di jaringan tersebut.

Client
Client adalah komputer yang bukan server. Jika server menyediakan file, sumberdaya, layanan tertentu, maka client adalah computer yang meminta, file, sumberdaya, atau layanan dari server.

Node
Pada intinya semua perankat keras yang terhubung ke jaringan disebut nude, entah itu berupa sebuah komputer server, komputer client, atau sebuah printer.

Local
Local menunjukkan berbagai sumberdaya yang ada didalam sebuah komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

Remote
Mengikuti jalan pikiran yang sama, berbagai sumberdaya yang harus diakses dengan menggunakan jaringan terlebih dahulu akan disebut dengan remote.

Protokol
Protokol adalah bahasa standart yang digunakan untuk berkomunikasi antar computer dalam suatu jaringan. Protokol yang paling umum digunakan sehingga pasti dikenal oleh berbagai macam jaringan adalah protocol TPC/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Ibarat bahasa, TCP/IP adalah bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional.

Kartu jaringan
Kartu jaringan merupakan perangkat keras yang menterjemahkan sinyal-sinyal jaringan ke bentuk paket-paket data yang dimengerti komputer. Kompunen ini sering disebut kartu karena bentuknya seperti kartu yang harus ditancapkan ke komputer, baik pada slot PCI ataupun SCSI.

Repeater
Repreater berfungsi untuk memperkuat sinyal dari sebuah segmen jaringan kesegmen jaringan lainnya, repeater bermanfaat untuk mengatasi keterbatasan panjang kabel karena sinyal yang melemah setelah menempuh jarak tertentu dapat diperkuat kembali.

Bridge
Bridge berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang sama. Selain memperkuat sinyal seperti yang dilakukan repeater, bridge juga melakukan tranmisi ulang paket data dari satu segmen ke segmen yang lainnya.

Router
Router berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang berbeda, untuk membedakan router dengan bridge, dapat di umpamakan bus antar kota. Bridge dapat diibaratkan AKDP(Antar Kota Dalam Propinsi), sedangkan Router Diibaratkan AKAP (Antar Kota Antar Propinsi)

Gateway
Gateway berfungsi sebagai antarmuka sebuah jaringan skala kecil dengan jaringan beskala jauh lebih besar, misalnya antara sebuah LAN dengan Internet atau antara LAN di Unit-usaha dengan WAN ptpn7 secara keseluruhan. Gatway juga dapat melakukan translasi protocol diantara kedua jaringan tersebut.

Firewall
Firewall adalah system keamanan pada sebuah jaringan, firewall dapat berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Tugas firewall adalah mencegah yang tak berizin agar tidak dapat masuk ke dalam jaringan.

Teknik Bahasa Pemrograman


Teknik Bahasa Pemrograman

Bahasa pemograman adalah bahasa yang hanya dapat diterjemahkan oleh komputer. Dan konsep dasarnya harus menyesuaikan dengan karakteistik komputer itu sendiri.
Dalam Bahasa pemograman ada beberapa teknik, yaitu sbb:
1.      Pemograman Procedural
Merupakan Instruksi khusus yang dieksekusi secara berurutan.
2.   Pemograman Functional
Merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah atau instruksi yang akan dijalanka atau dieksekusi oleh komputer berdasarkan fungsi-fungsi.
3.    Pemograman Terstruktur
Merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah atau instruksi yang akan dijalankan atau dieksekusi oleh komputer berdasarkan procedur atau fungsional.
4.    Pemograman Berbasis Modul
Merupakan pemograman yang didasarkan atas kumpulan program procedural dan atau program functional yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan modul.
5.      Pemograman Berorientasi Objek
Merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah atau instruksi yang akan dijalankanoleh komputer berdasarkan kejadian yang berkenaan dengan sebuah objek.
6.      Pemograman Generic
Merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah yang akan dijalankan oleh komputer bersama-sama pemograman berorientasi objek atau pemograman functional.
7.      Pemgoraman Declarative
Merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah yang akan dijalankan oleh komputer berdasarkan pernyataan (declarative) yang berhubungan dengan logika.

Diagram yang terdapat pada UML


Diagram yang terdapat pada UML

Unified Modeling Language (UML) adalah suatu bahasa standar yang digunakan untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak. Berikut akan dibahas beberapa diagram-diagram yang terdapat pada UML :

1.      Diagram Use Case
Use case diagram adalah suatu diagram yang mendeskripsikan kelakuan sistem dari sudut pandang pengguna, berguna untuk membantu memahami kebutuhan. Use case adalah dasar dari diagram lain.

2.      Diagram Activity
Activity diagram adalah sebuah diagram yang menjelaskan alur aktivitas dalam suatu sistem. Diagram Sequence.

3.      Sequence Diagram
Sequence Diagram menggambarkan bagaimana objek – objek di dalam sistem berinteraksi seiring dengan waktu. Berikut contoh diagram sequence Diagram Collaboration.

4.      Collaboration Diagram
Collaboration diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message.
Setiap message memiliki sequence number, di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama.


Selasa, 04 Mei 2010

Contoh – Contoh Client/Server Database

Contoh – Contoh Client/Server Database

Client /Server Database itu banyak sekali macamnya. Setiap client / server database tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing – masing. Berikut ini akan diberikan penjelasan singkat mengenai client / server database yang banyak digunakan atau dipakai oleh user :

MS SQL
MS SQL adalah sebuah Client / Server Database yang banyak digunakan di perusahaan -perusahaan . Kelebihan dari MS SQL ini adalah user interface yang bagus sehingga memudahkan user menggunakannya , serta kapasitas data yang mampu disimpan cukup besar

ORACLE
ORACLE adalah Client / Server database yang terkenal ketangguhannya, hal ini dibuktikan dengan banyak dipakainya ORACLE pada perusahaan besar. Selain itu kapasitas dari ORACLE juga sangat besar sampai bergiga-giga, selain itu ORACLE dapat dibuat sebagai parallel database.

MYSQL
Mysql adalah sebuah client / Server database yang sangat free (gratis ) serta open source, selain itu mysql dalam mengeksekusi suatu query SQL lebih cepat disbanding yang lain. Kelemahan mysql dibanding yang lain adalah mysql DBMS bukan RDBMS.

POSTGRESQL
Kelebihan Postgresql dibanding yang lain free (gratis) serta fasilitas lengkap ( mensupport inherantance table, object model dll) . Kelemahan dari Postgresql adalah support terhadap platform selain UNIX / LINUX adalah kurang.

Versi Windows

untitled

Versi Windows



  • Windows 31.x
Ini merupakan versi awal dari windows, dimana mempunyai tampilan grafis yang kurang mendukung 3D dan tidak mendukung multitasking (kerja simultan). Dalam versi ini, masih bergantung dengan sistem MS DOD. Versi ini sudah jarang digunakan.

  • Windows 95/97
Merupakan versi awal windows dengan tampilan grafis yang baik, namun belum mendukung format file tertentu (cth : JPEG). Windows ini sudah memperkenalkan kinerja multitasking yang baik.

  • Windows 98
Windows 98 merupakan yang paling banyak beredar di Indonesia, merupakan perbaikan dari windows 95/97 dengan kemampuan yang bisa mendukung semua format file. 

  • Windows NT
Merupakan sistem operasi Windows yang dikhususkan untuk kerja dalam suatu jaringan.


  • Windows Me (Millenium edition)
Merupakan perbaikan dari versi 98 dengan menghilangkan real DOS dari system operasinya, sehingga lebih satabil. Lebih mendukung penggunaan chipset dan prosesor keluaran baru.

  • Windows 2000
Merupakan perbaikan dari Windows NT 4, dengan keamanan dan kemudahan yang lebih baik.

  • Windows XP
Windows keluaran terbaru dengan tampilan grafis yang sama sekali berbeda dengan versi yang terdahulu. Dengan kemudahan penggunaan seperti mengakses web. Bekerja lebih cepat, namun tentui saja spesifikasi komputer yang menggunakannya harus tinggi. 

Kecuali Windows 31.x dan XP, tampilan grafis dan menu yang ada tidaklah jauh berbeda. Jika anda sudah menguasai atau mengenal salah satu baik dari versi 95/97, 98, Me, 2000 atau NT, maka anda tidak akan merasa bingung untuk menjalankan versi lain dari Windows tersebut.



Keistimewaan Linux

Keistimewaan Linux

Sebenarnya banyak sekali keistimewaan Linux, baik yang berasal dari UNIX maupun keistimewaannya sendiri. Beberapa keistimewaan tersebut antara lain :

  • Full 32 bit sehingga mendukung manajemen memori protected mod pada platform PC berbasis processor     80386 ke atas
  • Full multitasking sehingga user dapat menjalankan banyak aplikasi pada saat bersamaan.
  • Full multiuser sehingga memungkinkan banyak user dapat melakukan login pada sebuah komputer bersama-sama.
  • Mendukung implementasi lengkap TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol inilah yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer dan jaringan menjadi satu kesatuan, misalnya Internet.
  • Mendukung bermacam-macam file sistem untuk menyimpan data. Berbagai file sistem seperti FAT16 (MS DOS file system), FAT32, Minix-1, ISO9660 CDROM, dan lain-lain dapat diakses dari Linux.
  • Mendukung virtual memory. Dengan ini memungkinkan penggunaan ruang pada harddisk sebagai memori, sehingga dapat mengatasi kekurangan RAM untuk menjalankan suatu proses.
  • Mendukung shared library. Dengan ini memungkinkan program untuk menggunakan library bersama-sama sehingga file executable dapat lebih sedikit menggunakan ruang pada harddisk.
  • Mendukung demand-paged loaded executable sehingga segmen dari program yang benar-benar digunakanlah yang dibaca dari disk ke memori.
  • Mengimplementasikan unified memory pool untuk program dan disk cache. Dengan cara ini semua free-memory akan digunakan sebagai cache untuk mempercepat proses.
  • Mendukung hampir semua fasilitas pada UNIX. Sehingga mempelajari Linux berarti anda juga belajar banyak untuk sistem UNIX.
  • Dukungan GNU (GNU’s Not UNIX) Software. Linux memiliki banyak aplikasi pendukung yang powerful yang dibuat oleh GNU – sebuah badan free software.
  • Perkembangan Linux cepat dan berkesinambungan. Linux terus dikembangkan oleh berbagai pihak di dunia karena source code nya dapat diperoleh dengan mudah. Anda dapat terus mengikuti perkembangan Linux melalui berbagai situs di Internet.
  • Memiliki fasilitas GUI (Graphical User Interface) yang dikenall dengan nama Xfree86. Fasilitas ini memiliki fungsi layaknya Windows 3.1 untuk DOS sehingga Linux juga memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan.
  • Keamanan

Membandingkan ADO dengan Metode Data Access yang lain

untitled
Membandingkan ADO dengan Metode Data Access yang lain

Meskipun aplikasi dapat menggunakan Data Access Objects (DAO) dan Remote Data Objects (RDO) dalam Visual Basic 6.0, ADO adalah data-access method Microsoft menganjurkan untuk suatu aplikasi database. Semua dari data access methods ini adalah COM interfaces dan dapat digunakan dari berbagai macam tools, termasuk Microsoft Visual Basic, Microsoft Access, dan Microsoft Office. Yang mana, berbedaannya adalah:
  • ADO adalah object model untuk mengakses semua type data melalui OLE DB. Seperti Visual Basic, Java, C++, VBScript, dan JScript dapat menggunakan ADO yang mana dapat mengakses data dari OLE DB source apa saja. Kamu dapat menggunakan ADO untuk mengakses relational data denga baik seperti e-mail atau data yang berada pada dalam spreadsheet.
  • RDO adalah object model untuk mengakses relational data melalui ODBC.
RDO didesain untuk memberikan perkembangan Visual Basic untuk mengakses ODBC data tanpa melakukan pengkodean ke ODBC API melalui COM interface ke ODBC API dan menyediakan funsi dari ODBC dalam programmable object model. RDO didesain untuk mengambil keuntungan dari database server yang menggunakan sophisticated query engines, seperti SQL Server dan Oracle.
  • DAO adalah object model untuk mengakses local atau SQL data melalui Jet. DAO paling tua dari tiga data access methods. Dengan DAO, kamu dapat mengakses data dalam Microsoft Jet databases, Microsoft Jet-connected ODBC databases, and installable indexed sequential access method (ISAM) data sources, sepeerti FoxPro, Paradox, atau Lotus 1-2-3. Bandingkan ke teknologi ADO terbaru dan RDO, DAO adalah terlambat, kurang mampu data access alternative. DAO, sepeti teman, Microsoft Jet database engine, semula didesain untuk mendukung ISAM data access.

Setelah melihat setiap metode mengakses data, kamu mungkin ingin tagu mengapa kamu membutuhkan ADO jika kamu telah menggunakan RDO/DAO. Disini dasar jawaban untuk menjawaba pertanyaan tersebut :
  • ADO dapar mengakses semua type data, mengingat RDO dan DAO mengakses hanya relational data.
  • ADO object model tidak sekomplek seperti RDO atau DAO dan oleh karena itu mudah menggunakan, dengan sedikit pengkodean.
  • ADO merupakan penggabungan dari keistemewaan RDO dan DAO dan akan menggantikan RDO dan DAO.
  • ADO adalah standart data access object model melalui Microsoft tools, termasuk Visual Basic, Access, Office, dan Microsoft Internet Information Server.



Hypertext Markup Language (HTML)

Hypertext Markup Language (HTML)


Ketika pertama kali WWW dipopulerkan, HTML merupakan satu-satunya bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang halaman web. Fasilitas yang telah didukung oleh HTML adalah kemampuan untuk menampilkan teks, gambar, frame juga multimedia. Sayangnya walaupun terus menerus dikembangkan, HTML dirasakan memiliki banyak kekurangan di dalam perancangan sebuah halaman web, terutama untuk merancang halaman web yang dinamis dan interaktif. HTML hanya melulu menampilkan halaman yang penuh informasi tanpa memberi kesempatn kepada pengguna untuk berinteraksi dengan halaman web tersebut. Interaksi hanya dapat terjadi jika sebuah halaman web mengirimkan respon pengguna ke web server untuk diolah, baru kemudian server mengirimkan umpan balik ke browser.

Hal ini selalu membutuhkan waktu yang relatif lama juga menambah kepadatan lalu lintas jaringan internet. Untunglah para pakar internet dan WWW segera menyadari kekurangan tersebut dan menyimpulkan bahwa mereka membutuhkan sesuatu yang lebih daripada sekedar HTML. Akhirnya HTML dikembangkan sedemikian rupa sehingga ke dalam HTML tersebut dapat ditambahkan suatu bahasa pemrograman script (scripting language) yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan perancangan sebuah halaman web.

Bahasa script merupakan suatu tipe bahasa pemrograman yang menyediakan kontrol untuk lingkungan pemrograman selain daripada lingkungan asal bahasa script itu sendiri. Contohnya adalah VBScript dan JavaScript. Bahasa script lebih bersifat interpreter daripada compiler, yang berarti bahwa program yang disusun dengan bahasa script harus dijalankan di dalam suatu lingkungan yang mampu menginterpretasikan bahasa script tersebut dan tidak dapat dijalankan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri. HTML tidak dapat menginterpretasikan bahasa script, namun HTML dapat memanggil interpreter dari bahasa script tersebut.

Belahan Otak Kanan dan Otak Kiri


Belahan Otak Kanan dan Otak Kiri

Seorang manusia diciptakan dilengkapi dengan dua belahan otak yang menjadi toalk ukur seorang manusia itu bisa lebih baik dari makhluk lainnya. Namun biasanya seorang manusia memiliki kecenderungannya masing-masing dalam penggunaan belahan otaknya tersebut. Ada yang lebih mendiminasi pada belahan otak kanan dan adapula yang mendominasinya pada belahan otak kiri. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya sejak masih kecil bahkan sejak dalam kandungan.
           
Belahan otak kiri berhubungan dengan logika, rangkaian, analisis, bahasa, dan yang berhubungan dengan perhitungan atau  matematika. Jadi belahan otak kiri mempunyai respon terhadap masukan-masukan di mana dibutuhkan kemampuan mengupas/meninjau (critiquing), menyatakan (declaring), menganalisa, menjelaskan, berdiskusi dan memutuskan (judging).  Otak kiri biasa diidentikkan dengan kecerdasan analitik, otak kiri kita ini terkait dengan kemampuan matematis dan kemampuan berpikir sistematis seseorang. Contohnya kemampuan menyelesaikan soal matematika atau fisika.

Sedangkan belahan otak kanan berkaitan dengan kreativitas dan imajinasi. Cara kerja otak kanan ini biasanya tidak terstruktur, Contoh nya adalah seorang seniman.



HUB PADA TOPOLOGI JARINGAN

HUB PADA TOPOLOGI JARINGAN


Secara sederhana, hub adalah perangkat penghubung. Pada jaringan bertopologi star, hub adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa node (dalam hal ini komputer yang sudah memasang NIC) bergabung menjadi satu jaringan. Pada jaringan sederhana, salah satu port pada hub terhubung ke komputer server. Bisa juga hub tak langsung terhubung ke server tetapi juga ke hub lain, ini terutama terjadi pada jaringan yang cukup besar. Hub memiliki 4 - 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain. Sebagian hub -- terutama dari generasi yang lebih baru -- bisa ditumpuk (stackable) untuk mendukung jumlah port yang lebih banyak. Jumlah tumpukan maksimal bergantung dari merek hub, rata-rata mencapai 5 - 8. Hub yang bisa ditumpuk biasanya pada bagian belakangnya terdapat 2 port untuk menghubungkan antar hub.

Dari sisi pengelolaan ada dua jenis hub, yaitu manageable hub dan unmanageable hub. Manageable hub adalah hub yang bisa dikelola melalui software – sedangkan unmanageable hub tak bisa. Satu hal yang perlu diingat, hub hanya memungkinkan pengguna untuk berbagi (share) jalur yang sama. Kumpulan hub yang membentuk jaringan hub disebut sebagai "shared Ethernet." Pada jaringan terbagi seperti itu, setiap anggota hanya akan mendapatkan persentase tertentu dari bandwidth jaringan yang ada. Misalkan jaringan yang digunakan adalah Ethernet 10Mbps dan pada jaringan tersebut tersambung 10 komputer, maka secara kasar jika semua computer secara bersama mengirimkan data, bandwidth rata-rata yang bisa digunakan oleh
masing-masing anggota jaringan tersebut hanyalah 1Mbps.

Pada jaringan bertopologi bus, ada juga perangkat sejenis hub namanya repeater. Sesuai namanya, repeater bekerja memperkuat sinyal agar data bisa mencapai jarak yang lebih jauh.

Network Interface Card (NIC)


Network Interface Card (NIC)


NIC berfungsi sebagai sarana penghubung antara kabel dengan workstation/server. NIC memiliki nama lain LAN adapter, LAN card, network board, dll. NIC dibedakan menurut arsitektur jaringan yang didukungnya. Hal ini diimplementasikan pada chip IC di boardnya. Sebuah NIC dapat mendukung arsitektur ethernet atau Toiken Ring atau FDDI atau kombinasinya. Arsitektur jaringan yang didukung suatu NIC menentukan batasan-batasan yang dimiliki card itu. Salah satu batasannya adalah jenis kabel yang dapat didukung NIC. Contohnya: NIC ethernet mungkin hanya memiliki konektor BNC atau RJ-45.

NIC dapat dibedakan menurut kategori-kategori berikut :
  • Lebar data bus. Dewasa ini NIC kebanyakan memiliki lebar data bus sebesar 32 bit. Pada tipe yang lebih lama NIC menggunakan 16 bit data bus.
  • Kecepatan NIC. Seperti operasi-operasi lain pada komputer, kecepatan transfer data sangat bergantung pada kecepatan sinyal clock komputer.
  • Dukungan terhadap boot ROM. Kebanyakan NIC memiliki soket untuk sebuah boot ROM. Jika chip boot ROM dipasang, komputer akan membaca rutin boot dari chip tersebut dan bukannya dari boot disk. Chip ini digunakan pada diskless workstation; yang memungkinkan user mengakses file dan resource jaringan tetapi tidak bisa mengambil file dari network ataupun mengcopy file ke network, karena workstation tidak memiliki floppy atau harddisk.
  • NIC dipasang pada slot ekspansi yang ada pada komputer (ISA atau PCI pada PC). Jika dipasang, NIC memerlukan I/O address dan IRQ, juga kadang DMA channel.

Hewan Amfibia atau Amfibi (Amphibia)

Amfibia atau amfibi (Amphibia), umumnya didefinisikan sebagai hewan bertulang belakang (vertebrata) yang hidup di dua alam; yakni di air dan di daratan. Amfibia bertelur di air, atau menyimpan telurnya di tempat yang lembab dan basah. Ketika menetas, larvanya yang dinamai berudu hidup di air atau tempat basah tersebut dan bernapas dengan insang. Setelah beberapa lama, berudu kemudian berubah bentuk (bermetamorfosa) menjadi hewan dewasa, yang umumnya hidup di daratan atau di tempat-tempat yang lebih kering dan bernapas dengan paru-paru.
Amfibia mempunyai ciri-ciri:
• tubuh diselubungi kulit yang berlendir
• merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm)
• mempunyai jantung yang terdiri dari tiga ruangan yaitu dua serambi dan satu bilik
• mempunyai dua pasang kaki dan pada setiap kakinya terdapat selaput renang yang terdapat di antara         jari-jari kakinya dan kakinya berfungsi untuk melompat dan berenang
• matanya mempunyai selaput tambahan yang disebut membrana niktitans yang sangat berfungsi waktu menyelam
• pernapasan pada saat masih kecebong berupa insang, setelah dewasa alat pernapasannya berupa paru-paru dan kulit dan hidungnya mempunyai katup yang mencegah air masuk ke dalam rongga mulut ketika menyelam
• berkembang biak dengan cara melepaskan telurnya dan dibuahi oleh yang jantan di luar tubuh induknya (pembuahan eksternal).