Kamis, 11 November 2010

ARSITEKTUR & SERVICE PADA TELEMATIKA

Arsitektur itu apa …. ?

Jika dilihat dalam istilah arsitektur dapat diartikan sebagai sistem atau kerangka desain komputer serta semua rinciannya didalamnya, seperti chip,sistem sirkuit, bus untuk ekspansi slot, dan sebagainya. Adapun elemen paling utama dari sebuah arsitektur, dan dianggap paling penting peranannya sebagai arsitektur adalah :

  • Arsitektur sistem pemrosesan, standar teknis untuk hardware, lingkungan sistem operasi, dan software aplikasi, yang diperlukan untuk menangani persyaratan pemrosesan informasi pada perusahaan secara lengkap.
  • Arsitektur telekomunikasi dan jaringan, menentukan antara fasilitas komunikasi perusahaan, yang informasinya bergerak dalam organisasi dan ke ikut sertaannya dari organisasi lain, dan hal ini juga tergantung dari standar yang sudah ada.
  • Arsitektur data, elemen ini paling rumit diantara ketiga arsitektur sebelumnya, dan termasuk yang relatif sulit dalam meng-implementasikannya, pada organisasi data untuk tujuan referensi silang dan penyesuaian ulang, serta untuk penciptaan sumber informasi yang dapat diakses oleh aplikasi bisnis dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Server – Side

Server – side adalah Web server khusus mngeksekusi sourd code yang melampaui standar metode HTTP itu harus mendukung. Server side juga sebagai layanan bagi satu atau lebih dari client. Contohnya dalam menerima atau mengirimkan beberapa data atau informasi yang di butuhkan client dari server. Setelah data atau informasi tersebut di proses oleh server, maka akan dikembalikan kembali kepada client.

Client

Client adalah merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi koneksi HTTP yang telah dikirimkakan kepada server sebelumnya. Dengan menggunakan sourd code java script.

Layanan Informasi Pada Telematika

Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaran yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS. Contoh dari layanan informasi tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Dan beberapa contoh lainnya adalah :

a. M – Commerce

b. VOD

c. News and weather

Layanan Keamanan Pada Telematika

Layanan keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini juga membantu untuk mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan keamanan tertentu untuk jaringan. Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.

Layanan Context Aware & Event Base

Context awareness adalah kemampuan sistem untuk mengerti akan kebutuhan dari user, network, lingkungan. Pada sekarang ini sangat dibutuhkan suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses informasi setiap saat user membutuhkannya. Yang disebut context-aware computing yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan menjadi trend yang penting untuk dikembangkan kedepannya.

Dengan adanya context aware, user tidak perlu selalu memberikan input yang secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugas-tugasnya.

Beberapa bagian dari context awareness telah mulai dikembangkan. Misalnya LBS: location-based service. Ketika user mencari keyword tertentu, maka user akan memperoleh hasil yang dibutuhkan tergantung pada posisi user itu berada. Ini juga dapat digabungkan dengan beberapa data dan informasi yang di inputkan dari user. Sebagai contoh user tersebut mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.


Kiki Sulendra ( 10107984 )

4 KA 14

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar