Kamis, 04 Maret 2010

Memory Komputer

Memory Komputer adalah perangkat computer yang digunakan untuk tempat penyimpanan data dan informasi dalam komputer dan memori merupakan bagian penting dari computer. Berikut  beberapa jenis memori yang banyak digunakan:

Ada empat macam tipe dari memory komputer, yaitu:
1.      RAM (Random Access Memory)
RAM adalah suatu jenis memori yang dapat ditulis dan dibaca. RAM besifat temporer dan volatile,  jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebu mati, maka semua isi yang berada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen.
2.      ROM (Read Only Memory)
ROM adalah jenis memory yang hanya dapat dibaca oleh user dan user tidak dapat menulis atau mengubah isinya. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya non volatile karena tidak membutuhkan daya, atau dengan kata lain datanya tidak hilang apabila tidak ada sumber listrik (listrik dalam keadaan mati).
Ada tiga tipe ROM, yaitu:
PROM (Programmable Read Only Memory).
EPROM(Erasable Programmable Read Only Memory)
EEPROM (Electronic Erasable Programmable Read Only Memory)
3.      CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) memory
CMOS adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen. Memory ini hanya memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan jenis memori ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya.
4.      Virtual memory
Virtual memory adalah suatu metode penyimpanan data dimana bagian dari program atau data disimpan di dalam magnetic disk dan tidak di dalam RAM, sampai suatu saat diperlukan.




1 komentar: