Senin, 22 Maret 2010

SQL (Structured Query Language)



SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa yang terstruktur atau memiliki beberapa aturan yang telah distandarkaan.

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional (DBMS) atau bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional.

DBMS adalah kumpulan program-program (software) yang memperbolehkan user untuk membuat dan memelihara database. Contoh dari DBMS adalah Oracle, MySQL, PostgreSQL, dan lain-lain, sedangkan Relational Database Management System (RDBMS) adalah sebuah sistem yang secara otomatis menyatukan semua DBMS yang saling berhubungan.

Ada 3 pengelompokkan subbab bahasa dalam penggunaan perintah SQL yaitu :

1.           Data Definition Language (DDL)


Data Definition Language (DDL) adalah bahasa SQL yang digunakan dalam mendefinisikan struktur atau kerangka dari basis data, didalamnya termasuk record, elemen data, kunci elemen dan keterhubungannya. dan juga biasa digunakan untuk membangun kerangka database.

Contoh perintah DDL :

ü  CREATE : Perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk diantaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.

ü  ALTER : Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. (diantaranya mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom)

ü  DROP : Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.



2.           Data Manipulation Language (DML)


Data Manipulation Language (DML) merupakan bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan operasi manipulasi data didalam suatu sistem basis data


Perintah yang digunakan, diantaranya :

ü  INSERT : perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru ke dalam tabel.

ü  SELECT : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi.

ü  UPDATE : Perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini.

ü  DELETE : Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel.



3.           Data Control Language (DCL)


Data Control Language (DCL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya. Perintah DCL, diantaranya :

ü  GRAND : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak / izin akses oleh administrator kepada user.

ü  REVOKE : perintah ini memiliki kegunaan yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.

Keterangan :

Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapsus (DELETE), mengubah (UPDATE) dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar