Selasa, 04 Mei 2010

Belahan Otak Kanan dan Otak Kiri


Belahan Otak Kanan dan Otak Kiri

Seorang manusia diciptakan dilengkapi dengan dua belahan otak yang menjadi toalk ukur seorang manusia itu bisa lebih baik dari makhluk lainnya. Namun biasanya seorang manusia memiliki kecenderungannya masing-masing dalam penggunaan belahan otaknya tersebut. Ada yang lebih mendiminasi pada belahan otak kanan dan adapula yang mendominasinya pada belahan otak kiri. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya sejak masih kecil bahkan sejak dalam kandungan.
           
Belahan otak kiri berhubungan dengan logika, rangkaian, analisis, bahasa, dan yang berhubungan dengan perhitungan atau  matematika. Jadi belahan otak kiri mempunyai respon terhadap masukan-masukan di mana dibutuhkan kemampuan mengupas/meninjau (critiquing), menyatakan (declaring), menganalisa, menjelaskan, berdiskusi dan memutuskan (judging).  Otak kiri biasa diidentikkan dengan kecerdasan analitik, otak kiri kita ini terkait dengan kemampuan matematis dan kemampuan berpikir sistematis seseorang. Contohnya kemampuan menyelesaikan soal matematika atau fisika.

Sedangkan belahan otak kanan berkaitan dengan kreativitas dan imajinasi. Cara kerja otak kanan ini biasanya tidak terstruktur, Contoh nya adalah seorang seniman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar