Selasa, 04 Mei 2010

Membandingkan ADO dengan Metode Data Access yang lain

untitled
Membandingkan ADO dengan Metode Data Access yang lain

Meskipun aplikasi dapat menggunakan Data Access Objects (DAO) dan Remote Data Objects (RDO) dalam Visual Basic 6.0, ADO adalah data-access method Microsoft menganjurkan untuk suatu aplikasi database. Semua dari data access methods ini adalah COM interfaces dan dapat digunakan dari berbagai macam tools, termasuk Microsoft Visual Basic, Microsoft Access, dan Microsoft Office. Yang mana, berbedaannya adalah:
  • ADO adalah object model untuk mengakses semua type data melalui OLE DB. Seperti Visual Basic, Java, C++, VBScript, dan JScript dapat menggunakan ADO yang mana dapat mengakses data dari OLE DB source apa saja. Kamu dapat menggunakan ADO untuk mengakses relational data denga baik seperti e-mail atau data yang berada pada dalam spreadsheet.
  • RDO adalah object model untuk mengakses relational data melalui ODBC.
RDO didesain untuk memberikan perkembangan Visual Basic untuk mengakses ODBC data tanpa melakukan pengkodean ke ODBC API melalui COM interface ke ODBC API dan menyediakan funsi dari ODBC dalam programmable object model. RDO didesain untuk mengambil keuntungan dari database server yang menggunakan sophisticated query engines, seperti SQL Server dan Oracle.
  • DAO adalah object model untuk mengakses local atau SQL data melalui Jet. DAO paling tua dari tiga data access methods. Dengan DAO, kamu dapat mengakses data dalam Microsoft Jet databases, Microsoft Jet-connected ODBC databases, and installable indexed sequential access method (ISAM) data sources, sepeerti FoxPro, Paradox, atau Lotus 1-2-3. Bandingkan ke teknologi ADO terbaru dan RDO, DAO adalah terlambat, kurang mampu data access alternative. DAO, sepeti teman, Microsoft Jet database engine, semula didesain untuk mendukung ISAM data access.

Setelah melihat setiap metode mengakses data, kamu mungkin ingin tagu mengapa kamu membutuhkan ADO jika kamu telah menggunakan RDO/DAO. Disini dasar jawaban untuk menjawaba pertanyaan tersebut :
  • ADO dapar mengakses semua type data, mengingat RDO dan DAO mengakses hanya relational data.
  • ADO object model tidak sekomplek seperti RDO atau DAO dan oleh karena itu mudah menggunakan, dengan sedikit pengkodean.
  • ADO merupakan penggabungan dari keistemewaan RDO dan DAO dan akan menggantikan RDO dan DAO.
  • ADO adalah standart data access object model melalui Microsoft tools, termasuk Visual Basic, Access, Office, dan Microsoft Internet Information Server.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar