Rabu, 05 Mei 2010

Sekilas beberapa bahasa pemrograman

Sekilas beberapa bahasa pemrograman


Pascal
Bahasa Pemrograman Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland. Yang dinamai pascal sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal. Pascal yang pertama untuk Komputer CDC 600 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahu 1971 dengan tujuan membantu mengajar program Komputer secara sistematis khususnya untuk memperkenalkan program terstruktur .

COBOL
COBOL adalah singkatan dari Common Business Oriented Language, COBOL diciptakan oleh sekelompok pabrikan komputer dan pengguna komputer untuk industri pada tahun 1959. COBOL didesain untuk aplikasi-aplikasi komersil yang membutuhkan banyak pemrosesan data. Bahasa ini masih digunakan sampai saat ini di bidang bisnis.

FORTRAN
FORTRAN adalah singkatan dari FORmula TRANslator dan dikembangkan oleh IBM Inc. antara tahun 1954 dan 1957 yang digunakan secara khusus untuk aplikasi-aplikasi sains dan engineering. Bahasa FORTRAN masih digunakan secara luas saat ini di bidang engineering.

C
Bahasa C dikembangkan oleh Dennis Richie di Laboratorium Bell pada tahun 1972. C merupakan bahasa implementasi sistem yang digunakan untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. C++ merupakan ekstensi atau kelanjutan dari bahasa C yang diciptakan oleh Bjarne Stroustruppada tahun 1980an. C++ menambahkan fitur OOP (Object-Oriented Programming) atau pemrograman berorientasi objek ke dalam bahasa C dan sekarang merupakan sistem utama bahasa implementasi (Deitel&Deitel, 1999).

C++
Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman computer yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.Pada era visual saat ini, versi dari C dan C++ muncul pula dengan nama Visual C atau Visual C++, C Builder, bahkan telah ada versi baru dari C yaitu C# (C Sharp).


Visual basic
Visual Basic adalah merupakan bahasa yang berasal dari perkembangan bahasa BASIC di Dartmounth College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960-an. Sejak semula BASIC memang dirancang untuk mudah dipejari. Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang menawarkan IDE visual untuk membuat programan aplikasi berbasis sistem operasi windows. Dan Visual Basic juga memungkinkan pembuatan aplikasi GUI (Graphical User Interface) yang menggunakan tampilan grafis sebagai alat komunikasi dengan user hanya dengan meletakkan objek grafis yang telah disediakan.

JAVA
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. JAVA merupakan bahasa yang kemunculannya tergolong baru dan merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak diminati, dikembangkan oleh SUN Microsystem pada tahun 1995.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar